Rabu, 13 Mei 2015

KARAKTER DAN SIMBOLISASI WARNA/BAHASA RUPA WARNA

Mempelajari nirmana berguna untuk melatih kepekaan artistik dan melatih keteramapilan teknis kesenirupaan.Di samping itu juga untuk memperkuat pemahaman tentang bahas rupa yang di antaranya mengenai bahasa rupa warna.Berikut ini dijelaskan tentang bahasa rupa warna berupa karakter dan simbolisasi warna. Karakter warna ini berlaku untuk warna-warni murni (warna pelangi). Jika warna-warni itu telah berubah menjadi lebih muda, tua atau menjadi redup, karakternya akan berubah.


kuning

Warna kuning berasosiasi pada sinar matahari, bahkan pda mataharinya sendiri, yang menujukkan keadaan terang dan hangat. Kuning mempunyai karakter terang, gembira, ramah, supel, riang, cerah, hagat. Kuning melambangkan kecerahan, kehidupan, kemenangan, kegembiran, kemeriahan, kecermelangan, peringatan dan humor.

  • Kuning cerah adalahwarna emosional yang menggerakkan energi dan kecerian, kejayaan dan keindahan.
  • Kuning emas melambangkan keagungan, kemewahan, kejayaan, kemegahan, kemuliaan, dan kekuatan.
  • Kuning sutera adalah warna marah, sehingga tidak populer.
  • Kuning tua dan kunig kehijau-hijauan mengasosiasikan sakit,penakut, iri, cemburu, bohong, dan luka.
  • Bendera kuning kadang-kadang digunakan pada kapal karntina , atau rumah sakit. Pada masyarakat barat Kristen warna kuning digunakan dalam gereja-gereja, pada mahkota suci Yesus, Maria,hiasan altar dan sebagainya untuk melabangkan keagungan.
  • Warna kuning juga di gunakan pada upacara-upacara agama Hindu dan Budha sebagai lambang keagugan.
Jingga/Orage

Warna jingga (orange) berasosiasi pad awan jingga atau juga buah jeruk jingga (orange). Awan jingga terlihat pada pagi hari sebelum matahari terbit, menggambarkan gelap mlam menuju terbit matahari, sehingga melambangkan kemerdekn, anugerah, kehangatan. Awan jngga juga terlihatpada senja menjelng malam, megingatkan sebentar lgi akan gelap malam, sehingga melmbangka bahaya. Warna ini melambangkan kemerdekan, penganugerahan, kehangatan, keseimbangan, tetapi juga lambang bahaya.
  • Jingga meimbulkan sakit kepala, dapat memengaruhi system syaraf, dapat menggetarkan jiwa, meimbulkan nafsu makan.
  • Lampu traficlight pada bagian yng berwarna merah jingga menandkan bahaya.
  • Pakaiamn pemadan kebakaran umumnya merah jingga. Jingga merupakan warna paling menyolok (terlihat lebih dulu dari pad warna lain) sehingga bayak digunakan sebagai pakainan para petugas di keramaian.
  • Pesawat terbang dengan wrn jngga akan terlihat menyolok di langit biru.
  • Warna ini mengingatkan orag pada buah orange sehingga akan menmbah rasa manis jika untuk warna makanan.
  • Jingga dapat menimbulkan kesan mrah, dalm rti harga, sehingga banyak digunakan sebagai warna pengumuman penjualan obral.
Merah

Warna merahbisa berasosiasi pada darah, api, juga panas. Karakternyakuat, cepat, enerjik, semangat, gairah, marah, berani, bahaya, positif, agresif, merangsang, dan panas. Merah merupakan simbol umum dari sifat nafsu primitive,marah, berani, perselisihan, bahaya, perang, seks, kekejaman, bahaya, dan kesadisan. Dibandingkan warna lain, merah adalah warna paling kuat dan enerjik. Warna ini bersifat menaklukkan, ekspansif, dan dominasi (berkuasa).
  • Merah adalah positif, agresif dan enerjik; warna pertama yang digunakan pada seni primitif maupun klasik.
  • Warna ini paling populer pada wanita.
  • Api merupakan lambang keberanian, kekuatan, kemarahan.
  • Draha merupakan lambang perang, kekejaman, kesadisan.
  • Merah dipakai dalam tanda stop, lampu merah, lampu rem, peralatan pemadam kebakaran, dan pintukeluar tanda bahaya.
  • Merah dapat meningkatkan takanan darah, juga detak jantung.
  • Namun, jika merahnya adalah merah uda (rose), warna ini memiliki arti kesehatan, kebugaran, keharuman buga rose.
Ungu

Ungu sering disamakan dengan violet, tetepi ungu ini lebih tepat disamakan dagan purple, karna warna tersebut cenderung kemerahan. Sedangkan violet cenderung kebiruan. Ungu memiliki watak keangkuhan, kebesaran dan kekayaan. Ungu merupakan percampuran antara merah dan biru sehingga juga membawa atribut-atribut dari kedua warna tersebut, sehingga ungu adalah warna raja, yang memang digemari raja-raja kuno.
  • Permata haya dipajang dengan warna ini unyuk memperoleh kesa tersebut. Ungu adalah lambang kebesaran, keningratan, kebangsawanan, kebijakan, penceraha.
  • Jubah ungu menlambangkan kewibawaan dan ketinggian derajat.
  • Namun ungu juga melambangkan kekejaman, arogansi, duka cita, dan keeksotisan.
  • Untuk cat ruangan anak-anak, warna ungu dapat meningkatkan imajinasi.
  • Sedangkan untuk ruang kerja warna ungu dapat meningkatkan inspirasi
Violet

Violet (lembayung) warn yang lebih dekat dengan biru. Sesungguhnya antar violet dan biru terdapat wanra indigo. Watak warna violet adlah dingin, negatif, diam. Violet hampir sama dengan biru, tetapi lebih menekankan dan lebh meriah. Warna ini memiliki watak melankoli, kesusahan, keseduhan, belasungkawa, bahkan bencana.

Biru

Warna biru mempunya asosiasi dengan air, laut, langit, dan di barat pada es. Biru mempunyai watak dingin, pasif, melankoli, sayu, sendu, sedih, tenang, berkesan jauh, mendalam, tak terhingga,tetapi cerah.Karena dihubungkn dengan langit, yakni tempat tiggal para dewa, Yang Maha tinggi, surya, kahyangan, biru melambngkan keagungan, keyakinan, keteguhan hati,kesetiaan, kebenaran, kemurahan hati, kecerdasan, perdamaian, stabilitas, keharminisan, kesatuan, kepercayaan, dan keamanan.
  • Lambang PBB menggunakan warna biru sebagai symbol perdamaian.
  • Kaum gereja menghubungkan biru dengan pengharapan.
  • Biru juga melambangkan aristokrasi, darah bangsawan, darah ningrat, darah biru.
  • Biru dapat menenangkan jiwa, mengurangi nafsu makan.
Hijau

Wana hijau berasosiasi pada hijaunya alam, tumbuh-tumbuhan, sesuatu yang hidup dan berkembang. Hijau mempunyai watak segar, muda, hijau, hidup, tumbuh dn beberapa watak lainnya yang hampir sama dengan biru. Dibndingkan warna-wana lain, warna hijau relatif lebih netral pengaruh emosinya, sehingga cocok untuk istirahat. Hijau sebagai pusat spektrum menghadirkan keseimbangan yang sempurna dan sebagai sumber kehidupan. Hijau melmbangkan kesuburan, kesetiaan, keabadian, kebangkitan, kesegaran, kemudan, keremajaan, keyakinan, kepercayaan, keimanan, pengharapan, kesanggupan, keperawanan, kementahan/belum pengalaman, kealamian, lingkungan, keseimbangan, kenangan, dan keselarasan.
  • Dijawa, keraton-keraton banyak mengguakan warna hijau dengan pernak-pernik merah dan kuning.
  • Masjid-masjid banyak menggunakan warna hijau sebagai lambang keseimbangan.
Putih
Putih warna paling terang. Putih berasosiasi pada salju du dunia barat. Adapun di Indonesia, warn ini berasosiasi pada sinar putih berkialuan, kain kafan, sehingga dapat menakutkan anak-anak. Putih mempunyai watak positif, merangsang, cerh, tegas, mengalah. Warn ini melambangkan cahaya, kesucin, kemurnian, kekanak-kanakan, kejujuran,ketulusan, kedamaian, ketentraman, kebenaran, kesopanan, keadan tak bersalah, kehalusan, kelembutan,kewanitaan, kebersihan, simple, kehormatan.
  • Di barat, putih sebagai kostum penganting wanita sebagai lambang kesucian, tapi juga simbol peletakan senjata dan tanda menyerah.
  • bendera putih juga lambang perdamaian.
Hitam
Hitam adalah warna tergelap warne ini berasosiasi dengan kegelapan malam, kesengsaraan, bencana, perkabungan, kebodohan, misteri, ketiadaan, dan keputusasaan. Watak atau karakter warna ini adlah menekan , tegas, mendalam, dan depressiv.Hitam melambangkan kesedihan, mala petaka, kesuraman, kemurungan, kegelapan, bahakan kematian, teror, kejahatan, keburukan ilmu sihir, kedurjanaan, kesalahan, kebusukkan,rahasia, seksualiatas, penyesalan yang mendalam, amarah, duka cita.

Akan tetapi hitam juga menlambangkan kekuatan formalitas dan keanggunan (elegance). Hitam memang misterius, karena hitam yang berdiri sendiri memiliki watak yang buruk, tetapi jika dikombinasikan dengan warna-warna lain, hitam akn berubah total wataknya.
  • Sebagai latar belakang warna, hitam berasosiasi dengan jut, tjam, formal, bijaksana.
  • Hitam dipergunakan bersama-sama putih mempunyai makna kemanusiaan, resolusi, tenang,sopan, keadaan mendalam, dan kebijaksanan.
  • Jaksa dan hakim dipersidangan memakai toga hitam dengan dasi putih sebagai lambang kebijaksanaan.
  • Terdapat istilah "hitam manis" karena hitam setelah dikombinasikan warn lain menjadi manis. Banyak kendaran roda dua berwarna hitam dengan hiasan warna-warna yang tampak mania, dn ternyata paling banyak diminati.
Abu-abu
Abu-abu adalah warna paling netral, tidak adanya kehidupan yang spesifik. Abu-abu berasosiasi dengan suasana suram, mendung, ketiadaan sinar matahari secara langsung. Warna ini ada diantara putih dan hitam sehingga terkesn ragu-ragu. Karenanya, watakya pun di antara hitam dan putih. Pengaruh energinya, emosinya berkurang dari putih, tetapi terbebas dari tekanan berat warna hitam, sehingga wataknya lebih menyenangkan walau masih membawa watak-watak putih dan hitam. Wanra ini menyimbolkan ketenagan, kebijaksanaan, kerendah hatian,keberanian untuk mengalah, turun tahta, suasana kelabu, dan keragu-raguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar